MY LIFE, MY STORY

Sunday, December 8, 2013

Berpetualang dan Berburu Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

HARI PERTAMA

Akhirnya tanggal 29 November dateng juga. Pagi-pagi jam 07.30 gw udah langsung pergi ke kantor biar ada alesan balik cepet. Hihihihi. Pas dikantor pun udah ga sabar buat cepet balik dan akhirnya jam udah nunjukin jam 16.30 (1 jam lebih awal dari pulang kantor biasa) gw langsung cabut dengan perasaan was-was soalnya cuaca udah mendung banget dan tujuan gw adalah TELUK KILUAN… :)
Setelah cabut dari kantor gw langsung ke kostan, nunggu temen gw yang mau pergi bareng sekalian gw bawa carrier gw. Dan setelah rempong mempersiapkan segalanya gw ama temen gw pergi ke kampung melayu menggunakan angkot dari kawasan kasablanka, Jakarta Selatan. Kira-kira perjalanan menuju kampung rambutan menggunakan bus trans Jakarta. Sebenernya tour leadernya ngajak bareng kumpul jam 19.00 gitu di halteu bus way pancoran, cuma gw ama temen gw memutuskan ga bareng soalnya mereka berniat naik bus menuju merak dari Slipi yang kemungkinan kecil mendapatkan tempat duduk (FYI, Jakarta – Merak butuh waktu 2 Jam kalo lancar). Soalnya kami males berdiri selama itu, so kami memutuskan untuk pergi sendiri aja dari kampung rambutan. Di jalan menuju kampung rambutan yang cukup jauh juga dari kampung melayu (Sekitar 1 jam itu karena lancer banget karena udah ada sterilisasi jalur bus way #makasih pak Jokowi :)) gw ama temen gw cuma ngobrol sama contact temen gw yang 1 lagi yang langsung dari kantornya menuju kampung rambutan. Kami semua was-was juga sih sebenernya soalnya kata temen gw daerah kampung rambutan udah hujan.
Sekitar jam 18.30 gw ama temen gw udah sampe kampung rambutan n langsung ketemu temen gw yang 1 lagi dan langsung naik bus menuju merak. Sekitar jam 19.00 bus mulai melaju, dan bus pun langsung penuh banyak yang berdiri juga (gw jadi ngebayangin kalo naik dari slipi gimana jadinya). Selama perjalanan kami mengobrol dan kelaperan, untung gw bawa roti (makanan yang wajib kalian bawa kalo kalian mau ke teluk kiluan, bawa agak banyak aja). Setelah ngemil roti (cemilannya roti, soalnya kami sebut makan kalo kami makan nasi…. hahaha) kami balik ngobrol lagi n tidur deh. Jangan harap kalian bisa tidur nyenyak kayak di kamar, tapi kalo kalian udah biasa naik bus nyenyak-nyenyak aja sih…hehehehe

Perjalanan menuju merak itu macet banget, kami baru sampai merak Sekitar jam 23.00, pas kalian turun dari bus banyak tukang ojek menawarkan jasa buat ke depan pelabuhan dengan harga 5000, tapi menurut gw mending kalian jangan naik ojek, soalnya jalan juga palingan cuma 10 menit doank. Setelah janjian ketemuan di meet point ama tour leadernya kami langsung menuju indomaret karena kelaperan… hahahaha. Setelah makan belanja dan makan kami kumpul ke grup tour kami yang berjumlah kurang lebih 40 orang dan menunggu 1 orang lagi yang belum sampai.
Sekitar jam 1 dini hari kami baru mulai naik kapal feri menyebrang dari merak menuju pelabuhan bakauheni, Lampung. Di kapal feri kami dapet kelas ekonomi dan jangan harap kalian bisa tidur nyaman tapi dari pada ga tidur sempetin aja buat tidur di sini. Kondisinya kurang lebih seperti ini…

Kurang lebih 2,5 jam perjalan kami sampai ke bakauheni, dari sini kami naik angkot lagi Sekitar 1 jam menuju pelabuhan canti (sempetin tidur aja di angkot buat kumpulin tenaga). Setelah sampai pelabuhan Canti kami akalan disuguhi pemandangan yang cukup indah. Di sini kami bisa melihat anak gunung Krakatau dan lautan yang luas sekali. Di pelabuhan kami beristirahat dulu untuk sarapan, bersih dan siap-siap untuk snorkeling, karena kami langsung pergi ke tempat snorkeling ga ke home stay terlebih dahulu, jadi saran gw kasih pelindung anti air buat carrier kalian :).

HARI KEDUA

Sekitar jam 07.30 kami mulai perjalan menuju tempat snorkeling menggunkan kapal nelayan. Gw sama teman-temen gw memilih tempat untuk duduk di atas kapal. Dan di atas kapal memang merupakan tempat yang tepat. Di sini kami bisa melihat keindahan yang Tuhan ciptakan, hamparan laut yang luas yang serasi berpadu dengan birunya langit dan putihnya awan serta pulau-pulau yang hijau. Burung-burung camar berterbangan mencari makan. Sungguh indah dan cerah hari itu.

Sekitar perjalan 1 jam kami sampai di tempat snorkeling, yaitu di pulau legundi. Di sini sungguh indah pemandangan bawah air yang Tuhan ciptakan. Terumbu karang di sini sangat indah dan ikannya pun warnanya bervariatif sangat mengagumkan. Namun ikannya cukup susah untuk dipancing mendekat (agak-agak sombong gitu… hehehe) soalnya dikasih roti lama banget mendekatnya. Oia, kalian jika ke sini harus hati-hati soalnya terumbunya sangat dekat jika memang ingin melihat tempat yang banyak ikannya. Jadi hati-hati jangan sampai kalian luka or terumbunya ga sengaja ke rusak :).

Setelah snorkeling, kami menuju ke pulau umang. Untuk sampai ke pulau ini waktunya hampir 1 jam juga. Di sini merupakan pantai pasir putih yang sangat bersih,dan tempat yang cocok untuk berenang di pantai, soalnya ombaknya ga besar. Kami di sini berpuas-puas ria berenang dan berfoto. Setelah itu, kami istirahat makan siang di sini sambil menikmati keindahan alam di pulau umang (walau agak kecewa sih sama makan siang yang disediakan… hehehehe). Setelah makan siang dan kembali bernarsis ria serta berenang kami kembali menuju kapal nelayan untuk menuju ke tempat berikutnya.

Spot selanjutnya adalah pulau kelapa. Di sini merupakan pulau pantai berpasir dan bisa berenang. Tapi hati-hati banyak ubur-uburnya di sini. Di sini juga ada pantai yang omabaknya cukup besar kalo kalian emang pengen bermain ombalk. Untuk sampai spot ini butuh waktu sekitar 2 jam dari pulau umang, sehingga gw saranin kalian bawa banyak cemilan selama diperjalanan soalnya lambreta banget di jalan ampe bosen soalnya yang diliat laut mulu sih…. Hehehehe. Kami aja ampe tidur saking bosennnya di jalan. Jadi gw saranin stok cemilan dan roti yang banyak buat dimakan :).

Setelah puas bermain di pulau kelapa, saatnya menuju penginapannya di teluk kiluan. Penginapannya cukup enak, 1 kamar hanya untuk 3 – 4 orang dan terbuat dari kayu gitu tapi nyaman. Dan di sini kamar mandinya ada di luar, jadi antri yaaa… :). Setelah bersih-bersih, istirahat dan makan malam acara dilanjut dengan acara BBQ. Di sini kita makan ikan bakar hasil tangkapan nelayan ampe puas (sebenernya gw ga ikut soalnya udah tepar, cuma dapet cerita dari temen gw yang ikut aja… hehehehe). Dan setelah itu istirahat untuk mempersiapkan acara besok.

HARI KETIGA

Pagi datang, gw terbangun jam 5 dan untuk ke kamar mandi antri (kalo ga mau antri harus bangun lebih pagi). Namun pagi itu dating dengan langit yang mendung serta hujan gerimis. Sedikit dating rasa was-was, karena acara selanjutnya adalah hunting dolphin yang merupakan acara utama jalan-jalan ke teluk kiluan. Sekitar jam 6 hujan pun reda walaupun langit masih mendung.

Setelah bersiap, kami pun langsung menaiki jukung yang merupakan perahu nelayan setempat yang hanya muat 4 orang dengan nelayannya. Kami langsung menaiki jukung yang telah disediakan untuk kami dan langsung menuju spot hunting lumba-lumba. Namun sayangnya hujan turun lagi jadi gw ga berani ngeluarin kamera buat ngambil gambar :(.
Sekitar 1 jam perjalanan kami sampai di spot yang yang banyak lumba-lumbanya. Namun dikarenakan cuaca yang tidak mendukung kami hanya bisa melihat 2 gerombolan lumba-lumba dan 1 ikan marlin :(. Namun pengalaman naik jukung kecil yang memecah ombak yang cukup besar merupakan pengalaman yang sangat seru yang jarang didapatkan juga. Dan sepertinya si bapak nelayan mengerti kekecewaan kami jadi beliau mengajak kami jalan-jalan keliling laut menggunakan jukungnya. Terpaan angin dan air laut yang menciprat ke muka serta pemandangan pagi laut merupakan keseruan yang bisa dinikmati selama perjalan naik jukung. :)

Dikarenakan bapak nelayan yang mengemudikan jukung kami mengajak keliling laut, maka tim kami merupakan tim yang terakhir untuk sampai ke base camp dan kami terlambat untuk sarapan (tapi gapapa sih… :)). Setelah sarapan nasi goring yang telah disediakan dan meminum kelapa yang sudah disediakan juga selanjutnya adalah tracking menuju laguna (kolam renang alam gitu) yang merupakan salah satu tempat andalan dan wajib dikunjungi saat jalan-jalan ke kiluan :).
Untuk mencapai laguna kita harus berjalan sekitar 40 – 60 menit dengan track yang macam-macam, dimulai dari tanjakan, turunan yang melewati hutan lalu saat sampai di pantai. Di sini kita belum sampai trackingnya masih lanjut yaitu melewati tebing-tebing yang cukup curam, di sini harus hati-hati soalnya kalo kepeleset jatuh cukup membahayakan (saran gw kalian kalo ke sini pake sandal buat travelling yang mendukung yaaa… :)). Namun, semua track yang dilewati dan kelelahan yang dirasakan akan terbayar setelah kalian melihat lagunanya. Di sini kalian bisa berenang, melihat ikan-ikan laut, pokonya puas banget deh.

Setelah puas bermain di laguna, kami pun kembali ke penginapan untuk bersiap-siap pulang.
Setelah siap-siap saran gw sbelum pergi selain cek barang takut ada yang ketinggalan, kalian harus ke toilet terlebih dahulu mengeluarkan semua yang harus dibuang :D. Dikarenakan kalian akan berada di kapal selama 4-5 jam dan selama perjalanan ga ada tempat istirahat maupun toilet :). Karena sudah tau akan selama itu dilaut jadi gw ama temen-temen gw langsung cari tempat didalam kapal soalnya kita pergi saat cuaca panas banget sekitar jam 13 dan sampai pelabuhan canti jam 18 jadi kami memutuskan untuk tidur selama perjalanan.
Dari pelabuhan canti kami langsung ke pusat oleh-oleh dan kembali ke bakauheni. Dan kami mendapatkan tempat yang sangat nyaman sehingga kami bisa istirahat dengan nyaman di kapal feri :D.

Sekitar jam 1 dini hari kami sampai merak dan kami langsung menaiki bus yang menuju Jakarta. Dan kira-kira jam 4 kami sampai di Jakarta dan pulang ke rumah masing-masing.
Sungguh liburan yang melelahkan namun menyenangkan :).

NOTED : semua liburan ini kami hanya menghabiskan + Rp. 700.000,- untuk dari kostan sampai kostan. Murah kan :).