MY LIFE, MY STORY

Pages

Monday, May 19, 2014

JALAN-JALAN KE KRAKATAU (KRAKATOA TRIP)

Anak Gunung Krakatau

Anak Gunung Krakatau merupakan salah satu gunung aktif yang berada di Indonesia, tepatnya di sekitaran Selat Sunda. Dan merupakan hasil dari letusan gunung Krakatau pada tahun 1983 yang muncul kepermukaan sekitar tahun 1927 setelah tenggelam di Selat Sunda. Nah, sekarang gw mau cerita tentang jalan-jalan gw ke Anak Gunung Krakatau.

Keadaan Dalam Kapal Ferry
Jumat, 28 Maret 2014 sepulang kantor gw bersama temen gw (temen kantor dan temen kost) langsung menuju ke Terminal Kampung Rambutan, dikarenakan meeting point bersama komunitas Jalan-Jalan Kita (Penyelenggara Trip) di Pelabuhan Merak jam 11 Malam. Selama di bus kami was-was dikarenakan hujan dan efek hujan di Jakarta adalah banjir dan macet jadi kami takut telat. Namun ternyata kami malah sampai lebih dulu dibandingkan penyelenggaranya.
Setelah kumpul semua, sekitar jam 1 malam kami masuk ke kapal untuk menyebrang ke Lampung. Kebetulan kami mendapatkan kapal yang cukup ekslusif (untuk kelas ekonomi ) jadi sepanjang perjalan menyebrang kami bisa tidur dengan cukup nyaman.

Dermaga Canti
Sekitar pukul setengah 5 pagi kami samapai di Pelabuhan Bakauheni. Kami langsung sholat subuh dan langsung naik angkot yang di sewa menuju ke Pelabuhan Canti yang lamanya sekitar 1 Jam. Dan sekitar pukul 6.30 kami sampai di Pelabuhan Canti lalu kami langsung bersih-bersih dan mendata peserta yang mengkuti trip bersama kami.

Pemandangan Dermaga Canti (1)

Pemandangan Dermaga Canti (2)
 Sekitar jam 08.30 kami mulai berngakat dari Canti menuju tempat snorkeling pertama yaitu Pulau Sebuku Kecil. Sebenernya lebih tepat pantai biasa sih, soalnya kalo buat snorkeling di pulau ini kurang ada ikan dan terumbu karang. Tapi suasananya cukup enak, pemandangannya bagus dan kita bisa berenang di sini karena lebih merupakan pantai pasir.
Pulau Sebuku Kecil
Bersantai di Sebuku Kecil

Pemandangan di Sebuku Kecil

Setelah snorkeling di Pulau Sebuku Kecil kami langsung menuju ke Pulau Sebuku Besar. Di sini baru kami merasakan snorekeling, soalnya di sini ikannya banyak dan dan terumbu karangnya lumayan bagus, sehingga kami memuaskan diri melihat ciptaan Tuhan yang ada di bawah laut. Dan yang pasti kita harus cukup hati-hati ya soalnya terumbu karang yang ada ga terlalu dalam juga.
Bawah Laut Sebuku Besar (1)
Bawah Laut Sebuku Besar (2)

Bawah Laut Sebuku Besar (3)
Sekitar jam 12 kami melanjutkan perjalanan ke penginapan di Pulau Sabesi. Sekitar jam 1 siang kami sampai di Pulau Sabesi. Di sini kami makan siang dan istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktifitas kami. Karena gw ga mau rugi gw sih keliling-keliling ni pulau dari pada cuma tidur doank di penginapan :D.
Pulau Sabesi
Jalanan Pulau Sabesi
Keadaan Pulau Sabesi
Perahu Menepi di Sabesi
Sekitar jam 3 sore kita mulai prepare lagi buat menjelajah lautan di sekitaran Pulau Sabesi dan hunting sunset. Sebelum hunting sunset kita menyempatkan untuk snorkeling sebentar. Kita snorkeling di sekitaran pulau sabesi selama 30 menitan dan langsung menuju Pulau Umang-Umang buat hunting sunset di sini. Tapi sayangnya pada saat itu langit sedang berawan jadi kami tidak bisa mendapatkan sunset yang bagus.
Pulau Umang-Umang
Keadaan Pulau Umang-Umang (1)
Keadaan Pulau Umang-Umang (2)
Sunset di Pulau Umang-Umang
Pulang ke Pulau Sabesi
 Setelah itu kami kembali ke Pulau Sabesi untuk bersih-bersih dan istirahat.

Di hari kedua kita harus bangun sangat pagi sekitaran jam 3 subuh soalnya kita bakalan trekking Gunung Krakatau yang merupakan tujuan utama jalan-jalan ini. Tapi kita sedikit kesiangan, namun untungnya jadwalnya masih bisa on the track. Selama di perjalanan karena masih malem juga gw saranin buat tidur aja lumayan 1-2 jam tidur, tapi kalo pengen liat sunrises di laut jangan kebablasan. Kita melihat sunrises diperjalanan menuju Pulau Krakatau. Dan menghabiskan waktu untuk menikmati udara pagi di tengah laut. Saran gw sebelum pergi naik kapal puas-puasin buat buang air, soalnya perjalanan menuju pulau ini sekitar 2-3 jam dan di Pulau Krakatau toiletnya seadanya.
Sekitar jam 6 kita sampai di Pulau Krakatau.
Sunrise (1)

Sunrise (2)
Setelah mendaftarkan data peserta trekking di pos penjagaan, kami mulai jalan sekitar jam 7 pagi. Perjalan trekkingnya cukup mudah namun cukup melelahkan,  so jangan lupa bawa air minum. Kita mendaki Krakatau sampai batas yang diperbolehkan didaki, soalnya Anak Gunung Krakatau merupakan gunung yang masih aktif.
Perjalannan Menuju Krakatau (1)
Perjalannan Menuju Krakatau (2)
Batas Pendakian Krakatau
Krakatau View
Pemandangan ke Laut dari Krakatau
Anak Gunung Krakatau
Setelah puas foto-foto, kami kembali lagi ke kapal dan berisiap ke spot snorkeling lagi yaitu Lagoon Cabe (bukan cabe-cabean ya :D). Sekitar 1 jam kami dari Pulau Krakatau kami sampai di Lagoon Cabe dan kami langsung nyeburrr, karang disini cukup bagus dan dangkal jadi kita harus hati-hati juga untuk ga merusak dan agar kita juga ga terluka J. Setelah puas bermain air kami kembali ke Pulau Sabesi dan langsung bersih-bersih dan bersiap buat pulang ke Jakarta.
Kami menuju Pelabuhan Canti sekitar jam 12 siang dan sampai sekitar jam 3 sore. Dan melanjutkan ke pusat oleh-oleh lalu lanjut ke Pelabuhan Bakauheni. Kami naik kapal dari Pelabuhan Bakauheni jam 6 sore dan sampai Pelabuhan Merak jam 9 malam. Lalu kami naik bus menuju rambutan dan turun di Pancoran. Sekitar jam 1 malam sampai ke rumah masing-masing.

Note :
1.       Pada saat di manapun selama travelling simpen barang berharga dekat-deket. J
2.       Kami hanya menghabiskan duit sekitar Rp. 550.000,- sudah termasuk oleh-oleh segambreng.