MY LIFE, MY STORY

Pages

Tuesday, December 9, 2014

LIBURAN DI PULAU PEUCANG, UJUNG KULON

Pulau Peucang merupakan pulau yang terletak di ujung Pulau Jawa, yang masih termasuk Provinsi Banten. Pulau ini termasuk  ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Menurut Om Wikipedia Indonesia, pulau ini dinamakan Peucang diambil dari sejenis siput yang sering ditemukan di pantainya, dan penduduknya menyebut siput itu “mata peucang”. Nah sekarang gw bakalan coba berbagi pengalaman gw tentang trip gw ke Pulau Peucang bersama teman-teman dari Jejak Traveller.
Seperti biasa trip yang gw lakuin hari Jumat malam setelah pulang kantor, mengingat gw adalah pegawai yang masih memiliki kewajiban (#halah). Namun bedanya, pada trip kali ini gw pergi sendiri dari kantor atau pun kost-kostan gw (ga seperti biasa pergi bersama teman kost atau kantor). Nanti akan gw sebutkan plus minusnya juga trip sendiri berdasarkan pengalaman pribadi gw.

Gw mulai jalan ke tempat meeting point sekitar jam 20.30 dari kost-kostan gw yang terletak di Jakarta Selatan. Dikarenakan meeting point kali ini berbeda dengan meeting point trip gw sebelumnya yang biasanya di Terminal Kampung Rambutan, untuk trip kali ini meeting pointnya di Halteu Bis Komdak, Semanggi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kost-kostan gw. Sekitar jam 21.00 saya sampai di sebuah mall yang terletak di kawasan semanggi karena halteu tempat meeting pointnya sendiri berada di seberang mall tersebut. Jam 21.20 semua peserta sudah kumpul dan langsung berangkat menuju Dermaga Sumur yang merupakan dermaga untuk menuju Pulau Peucang.

Sepanjang perjalanan yang gw lakukan cuma tidur, karena menurut gw untuk melakukan trip seperti ini kita harus bisa memanfaatkan waktu untuk istirahat, dan untungnya kendaraan yang digunakan cukup nyaman untuk istirahat. Sekitar jam 04.00 gw dan rombongan sampai di Sumur. Dan langsung menuju tempat singgah pertama rumah warga di Sumur untuk sarapan (kalo menurut gw lebih tepatnya sahur sih soalnya makannya sekitar jam 04.30 :D), sholat serta bersih-bersih buat yang ingin bersih-bersih.
Setelah itu, kami briefing tentang itinerary trip ini. Sekitar jam 06.00 kami semua berkumpul dan langsung menuju Dermaga Sumur. Kondisi dermaga ini cukup mengecewakan dikarenakan sebenarnya, karena dermaga ini berada di sekitar pasar sehigga cukup banyak sampah. Tapi, jika dilihat sisi lainnya pemandangan di Dermaga Sumur ini cukup indah serta dari dermaga ini kita bisa melihat langsung Pulau Umang yang memang sudah terkenal dengan resortnya.

Pemandangan Sekitar Dermaga Sumur 1
Pemandangan Sekitar Dermaga Sumur2
Pemandangan Sekitar Dermaga Sumur3

Di sini kami di jemput menuju kapal yang akan digunakan menyusuri pulau-pulau dikarenakan dermaga ini cukup dangkal, sehingga kami menggunkan kapal yang lebih kecil untuk sampai kapal yang akan digunakan menysuri pulau. Setelah semua naik kapal (kapal untuk keliling pulau), tujuan pertama kami adalah Pulau Handeuleum. Dari Dermaga Sumur ini menuju Pulau Handeleum cukup lama sekitar 2 jam. Di sini yang gw lakuin melihat-lihat pemandangan pesisir Pulau Jawa, mengobrol, sampai berfoto ria di kapal.

Ketika di Atas Kapal :)
Pemandangan Menuju Pulau Handeleum 1

Pemandangan Menuju Pulau Handeleum 2
Sekitar jam 08.00 kami sampai di Pulau Handeleum. Di sini gw sama rombongan cuma melihat-lihat pemandangan di Pulau Handeleum serta foto-foto. Sebenarnya di sini ada home stay juga dikarenakan terkadang ada yang mengadakan trip ke pulau ini. Oia, kalo kalian beruntung di sini kalian bisa melihat rusa juga, karena pulau ini merupakan salah satu habitatnya rusa.

Pulau Handeleum 1

Pulau Handeleum 2
Pulau Handeleum 3

Di pulau ini kami hanya singgah sebentar, karena ketika singgah yang dilakukan oleh penyelenggara adalah mempersiap kegiatan selanjutnya yaitu kanoing di Sungai Cigenter.
Sekitar jam 08.40 kami kembali ke kapal untuk menuju lokasi kanoing. Lokasi kanoing sendiri yaitu di Sungai Cigeter yag jarak tempuhnya ga terlalu jauh, sekitar 20 menit kami sudah sampai di tempat kanoing dan menunggu kanonya sekalian liat-liat pemandangan serta ibu-ibu yang memasak di kapal untuk makan siang kami :D.

Juru Masak Kapal sedang Beraksi :)

Pemandangan di Cigenter1

Pemandangan di Cigenter2
Setelah menunggu lagi sekitar 10 menit, kami langsung menaiki kano yang sudah disiapkan. Sungai ini merupakan rawa, jadi cukup dalam juga. Dan kano yang kita tumpangi benar-benar harus dijaga keseimbangannya. Di sungai ini jika kita beruntung kita bisa melihat badak yang merupakan salah satu hewan langka, tapi pas gw ke sana gw ga liat. Untungnya walau hanya dengan menikmati pemandangan sekitarnya cukup membayar usaha yang telah dilakukan, secara mendayung kano itu ternyata cukup melelahkan. Oia, sekedar informasi gw bertanya ke guide kanonya, katanya di rawa ini masih terdapat buaya dan ular jadi cukup menyeramkan juga sebenarnya pada saat kita kanoing.

Berkano di Cigenter 1
Berkano di Cigenter 2
Berkano di Cigenter 3
Berkano di Cigenter 4
Pemandangan Ketika Kanoing 1
Pemandangan Ketika Kanoing 2

Pemandangan Ketika Kanoing 3
Setelah puas kanoing, kami kembali ke kapal untuk makan siang di kapal menuju homestay di Pulau Peucang. Waktu yang di butuhkan dari daerah sekitar Sungai Cigenter ke Pulau Peucang cukup panjang yaitu sekitar 3 jam. Di sini baru cukup membosankan dikarenakan sejauh mata memandang yang dapat kita lihat hanya laut dan pesisir Pulau Jawa. Jadi gw memanfaat waktu untuk tidur lagi :D.
Pesisir Pulau Jawa 3
Jam 13.00 kami sampai di Pulau Peucang, jangan kaget di pulau ini kita selain berwisata pantai kita bakalan serasa wisata di Taman Safari. Soalnya di pulau ini banyak binatang yang berkeliaran seperti babi hutan, biawak, rusa dan lutung/monyet, jadi jika bawa makanan harus berhati-hati. Agenda setelah sampai di Pulau Pecang ini adalah istirahat sampai jam 14.00, yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan snorkeling di sekitaran Pulau Peucang.

Pulau Peucang

Dermaga di Pulau Peucang

Pemandangan Pulau Peucang
Pantai Pulau Peucang

Biawak Pulau Peucang

Monyet di Pulau Peucang
Babi Hutan di Pulau Peucang

Rusa di Pulau Peucang

Setelah selesai istirahat, kami langsung naik kapal untuk menuju spot snorkeling yang pertama. Penduduk daerah Pulau Peucang menyebut daerah ini Angel. Di sini terumbu karang dan ikan-ikannya cukup banyak dan variatif serta yang pasti terumbu karangnya masih banyak yang hidup.

Gerombolan Ikan
Terumbu Di Angel Spot

Terumbu Karang

Pemandangan Bawah Laut

Sekitar 30-40 menit kami snorkeling di sini dan kami melanjutkan snorkeling ketempat selanjutnya yang tidak kalah bagus (malahan menurut gw, tempat snorkeling yang kedua ini lebih bagus dibandingkan tempat snorkeling yang pertama).
Tempat snorkeling yang kedua ini di daerah Citerjun, kata orang sini dikarenakan di dalam hutannya terdapat air tejun, tapi kami ga liat air terjunnya sih. Bawah laut Citerjun ini sangat indah dan variatif, gw lebih suka dibandingkan tempat yang pertama.

Pemandangan di Citerjun

Terumbu Citerjun
Taman Bawah Laut Citerjun

Bawah Laut Citerjun
Ikan di Citerjun
Setelah puas snorkeling, sekitar jam 16.00 kami tracking menuju Savana Cidaun. Di savana ini kami bisa melihat banteng dan merak namun dari posisi yang sangat jauh (menurut gw malahan jauh banget jadi gw ga bisa mengambil gambar kedua binatang tersebut -.-“). Jadi gw saranin buat lo yang pengen liat lebih jelas mending bawa binocular atau lensa tele buat kameranya.  Dikarenakan agenda ini cukup membosankan maka kami hanya sekitar 30 menit di sini dan selajutnya kami kembali ke kapal untuk memburu sunset.

Savana Cidaun

Dermaga di Savana Cidaun

Pemandangan di Dermaga Savana Cidaun

Kita berburu sunset di ujungnya Pulau Jawa, dikarenakan spot sunset di Ujung Kulon berada di ujung Pulau Jawa sehingga kita melihat sunsetnya di tengah laut, di atas kapal. Untuk mencapai spot sunset ini dibutuhkan waktu sekitaran 45-50 menit dari Savana Cidaun jadi kita sampai spot ini sekitar jam 17.10. Sepanjang perjalanan yang kami lakukan hanya mengobrol dan memancing ikan. Dan memang spot di sini sangat indah.

Hasil Tangkapan
Ujung Pulau Jawa
Sunset di Ujung Kulon
Setelah puas melihat sunset, kami pun kembali ke homestay di Pulau Peucang.
Kami sampai di Pulau Peucang sekitar jam 18.30 dan langsung bersih-bersih. Oia, mengingat listrik di Pulau Peucang ini hanya menyala pada malam hari, gw saranin buat kalian yang mau trip ke sini bawa senter juga karena ga jarang listriknya baru nyala sekitar jam 19.30 kayak yang gw alamin kemaren. Setelah bersih-bersih acara selanjutnya adalah acara bebas, jadi kami hanya kumpul bareng-bareng sambil nyanyi-nyanyi setelah makan malam pastinya. Jangan lupa juga bawa jaket buat yang akan trip, dikarenakan angin di Pulau Peucang pada malam hari cukup besar. Sekitar jam 21.00 gw sendiri memutuskan untuk kembali ke homestay untuk istirahat, mempersiapkan stamina buat esok hari.
Gw bangun jam 05.00 (padahal hari minggu biasanya baru bangun jam 09.00... hehehe) dikarenakan gw ga mau ketinggalan sunrises yang bisa dilihat langsung di Pulau Peucang. Setelah semua perlengakapan hunting dan narsis gw siap, gw langsung jalan-jalan menyusuri pantainya Pulau Peucang yang masih bersih dan sangat indah. Dan sekitar jam 06.00 akhirnya matahari keluar juga dari peraduannya (puitis dikit lah :D). Setelah puas melihat matahari terbit, gw kembali ke homestay untuk sarapan dan siap-siap untuk agenda selanjutnya.

Sunrise di Pulau Peucang
Pulau Peucang
Pantai Pulau Peucang
Agenda selajutnya adalah tracking menuju Bukit Karang Copong. Untuk mencapai daerah ini kita harus berjalan melalui hutan yang ada di Pulau Peucang. Di hutan ini, masih banyak binatang yang berkeliaran kalo kalian beruntung kalian bisa melihat rusa, merak bahkan ular.

Kondisi Hutan 1
Kondisi Hutan 2
Ular di Hutan

Track Menanjak
Kita tracking sekitar 1 jam untuk mencapai Bukit Karang Copong. Kalian tidak perlu khawatir, track yang dilalui ga ekstrim kok malah datar ga ada naik turunnya, cuma kita naik sedikit pas mau ke bukitnya aja. Setelah sampai ke Bukit Karang Copong, semua akan terbayar pemandangan di sana ga kalah indahnya dengan spot-spot yang ada di sekitaran Ujung Kulon.

Pantai di Karang Copong
Jurang di Atas Bukit Karang Copong
Pemandangan di Atas Bukit
Foto Bersama :D
Kami hanya menikmati pemandangan di sini hanya 30 menit, karena jadwal yang sangat padat. Sehingga kami harus kembali ke homestay.
Sekitar jam 09.00 kami sampai ke homestay, dan kami langsung bersiap untuk snorkeling terakhir di Pulau Oar sekaligus kembali ke Sumur. Perjalan ke Pulau Oar dari Pulau Peucang sendiri memakan waktu sekitar 3,5 jam. Sampai kami merasa kebosanan dan mati gaya. Jam 12.45 kami sampai di Pulau Oar dan pastinya langsung nyebur untuk snorkeling. Tapi menurut gw spot terakhir ini cukup mengecewakan. Soalnya spot di sini cukup kotor, airnya keruh serta ombaknya cukup besar. Sehingga kami kurang menikmati snorkeling di spot terakhir ini.

Pulau Oar
Terumbu Pulau Oar

Ikan di Pulau Oar
Sekitaran jam 13.30 kami selesai snorkeling dan langsung menuju ke tempat singgah di Sumur untuk bersih-bersih. Jarak dari Pulau Oar ke Dermaga Sumur sendiri tidak jauh, jam 14.00 kami sudah sampai di Dermaga Sumur dan langsung menuju tempat singgah untuk bersih-bersih. Sekitaran jam 16.00 kami semua sudah selesai bersih-bersih dan siap kembali ke Jakarta.

NB : pada trip kali ini gw cuma Rp.650.000,- dari Jakarta sampai Jakarta lagi (exclude alat snorkeling soalnya gw bawa kaca mata renang sendiri)

Oia, gw mau kasih tau juga suka duka trip sendiri (ga ada temen yang dikenal di tripnya)
Suka:
1.    Kalian bakalan punya banyak temen baru karena kalian ga bakalan terikat dengan grup mana pun.
2.   Kalian bakalan bebas mau gabung ke grup mana pun yang kalian inginkan.
3.   Kalian punya waktu untuk menyendiri lebih banyak (buat yang pengen nge-galau).
Duka :
4.   Kalian bakalan sering ga nyambung jika grup yang kalian sudah punya joke yang hanya mereka ga ngerti.
Sejauh itu cuma itu yang gw rasain pas gw trip sendiri ga ada yang lain. So, selamat berliburan.

1. Menarik sekali pengalamanya, oh iya rencananya bulan dpn mw kesana, nah untuk persiapan tas cariernya yg pas ukuran brp ya? Mksh

2. @Anonymous:maaf saya baru sempet buka blog lagi,
    untuk carrier sendiri saya ga banyak, pake tas jansport yang standard juga cukup sih, soalnya saya ikut open trip jadi persiapan dan peralatan yang dibawa ga perlu banyak-banyak :)

thanks udah comment ya :)

3. Wah bagus banget pulau peucang
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

4. @Mp Blogger 3:iya aamiin, semoga semakin mendunia :D

5. Nyebarangnya 2,5 jam ya kak? Itu perahu atau kapal motor gitu kak pas nyebrangnya?

6. @Titis Ayuningsih:iya kurang lebih segituan. itu pake perahu nelayan yang pake mesin diesel bukan speed boat. :)