MY LIFE, MY STORY

Monday, May 4, 2015

BERLIBUR KE KARIMUN JAWA

Karimun Jawa
Karimun Jawa merupakan kepulauan yang berada di Laut Jawa yang termasuk di daerah Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi turis lokal maupun mancanegara karena keindahannya baik di atas maupun di bawah laut. Kepulauan Karimun Jawa merupakan yang sangat indah sehingga memiliki beberapa julukan diantaranya Pulau Liburan, The Paradise of Java dan Caribbean van Java. Nah, kesempatan ini saya mau berbagi cerita tentang liburan saya ke Karimun Jawa.

Salah satu list tempat yang ada di list yang wajib saya kunjungi di tahun 2015 ini salah satunya adalah Karimun Jawa. Sehingga saya jauh-jauh hari udah mulai searching-searching cari open trip yang menuju ke Karimun Jawa. Dan akhirnya saya menemukan trip yang sesuai tanggal dan harganya yang hanya sebesar Rp. 820.000,- dari Stasiun Senen, Jakarta dan kembali ke Stasiun Senen, Jakarta. Saya menggunakan trip LiburanBareng.com namun menurut saya trip ini ga recomended sih karena cukup mengecewakan bagi saya.

Keadaan dalam Kereta menuju Semarang
Tanggal 26 Maret 2015 pun tiba, yang merupakan waktu keberangkatan saya menuju Karimun Jawa. Saya pergi dari kost sekitar jam 16.30 menuju Stasiun Senen karena untuk menghindari macet karena bentrok dengan orang-orang yang pulang kantor. Sekitar jam 17.30 saya sampai di Stasiun Senen dan menunggu peserta lain dan panitia tripnya. Kami semua berkupul sekitar jam 18.30 karena kami menggunakan kereta api jam 19.45 menuju Kota Semarang.

Selama di kereta api kami menghabiskan waktu dengan mengobrol dan tidur memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan kondisi tubuh agar lebih fit. Karena waktu tempuh Jakarta – Semarang kurang lebih sekitar 6 jam dengan menggunakan kereta api kelas ekonomi. Sekitar jam 02.30 kai sampai di Stasiun Tawang, Semarang. Dan langsung kumpul dengan peserta trip yang mulai dari Kota Semarang. Setelah semua berkumpul kami langsung pergi menuju Dermaga Kartini di Jepara.

Stasiun Tawang, Semarang
Kondisi Stasiun Tawang, Semarang
Sekitar jam 04.30 kami sampai di Dermaga Kartini. Karena kapal yang akan kami naiki jalan jam 09.00 maka kami harus menunggu. Sambil menunggu kami sarapan dan foto-foto pemandangan di sekitar Dermaga Kartini. Sekitar jam 08.30 kami masuk ke dalam kapal dan jam 09.00 kapal pun mulai berangkat menuju Pulau Karimun Jawa. Perjalanan menuju Pulau Karimun Jawa kami meggunakan Kapal Bahari Express, dengan menggunakan kapal ini waktu tempuhnya hanya sekitar 2 jam.  Selama di kapal saya menghabiskan waktu dengan tidur dan menonton film yang diputarkan oleh petugas kapal.
Sunrise di Dermaga Kartini

Kapal Express Bahari

Pagi Hari di Dermaga Kartini

Setelah sampai di Pulau Karimun Jawa kami menunggu jemputan dari homestay yang kami sewa. Setelah jemputan datang kami langsung menuju homestay. Setelah sampai kami beres-beres barang bawaan, istirahat dan siap-siap untuk snorkeling. Setelah itu kami makan siang terlebih dahulu. Selesai makan siang kami mengambil peralatan snorkeling dan langsung menuju dermaga kapal untuk snorkeling.
Touchdown Karimun Jawa
Kapal yang kami naiki jalan menuju spot snorkeling pertama sekitar jam 14.00. Pada awalnya kami akan bersnorkeling di 3 spot, namun karena waktu tidak memungkinkan kami jadinya hanya snorkeling di 2 spot saja. Spot yang kami lewatkan adalah spot di Pulau Cemara. Jadi kami langsung menuju ke Pulau Menjangan Besar. Untuk sampai spot ini di butuhkan waktu sekitar 45 menit. Terumbu Karang di sini masih bagus dan masih banyak yang hidup. Pemandangan bawah airnya sangat indah, ikannya pun sangat banyak dan bervariasi.

Underwater Pulau Menjangan Besar
Terumbu Karang Menjangan Besar

Kami snorkeling di Pulau Menjangan Besar ini sekitar 30 Menit. Lalu kami melanjutkan ke spot snorkeling selanjutnya, yaitu Terumbu Karang Gosong. Spot ini tidak terlalu jauh dari spot pertama. Sepanjang perjalanan pastinya kami bernarsis ria sekalian menikmati pemandangan yang ada. Keindahan pemandangan di sini sangat indah dan tidak pernah membosankan.
Sekitar 20 menit kami sampai di spot snorkeling Terumbu Karang Gosong. Spot di sini ga kalah bagusnya dengan spot snorkeling sebelumnya di Pulau Menjangan Besar. Namun menurut saya, keindahannya malah jauh lebih bagus. Ikan dan terumbu karangnya lebih banyak dan bervariatif. Untuk foto baik di atas dan di bawah air pun sangat oke di sini. Saya pun berkali-kali berfoto di sini untuk mengabadikan setiap moment yang saya lewati di sini.

Karang Gosong, Karimun Jawa

Terumbu di Pulau Gosong

Setelah puas snorkeling di Terumbu Karang Gosong kami menuju Pulau Gelam untuk hunting sunset. Untuk menuju pulau ini tidak terlalu lama. Dan setelah sampai saya langsung memotret keindahan Pulau Gelam ini. Pasir putihnya sangat halus keindahan alamnya pun indah, membuat sangat betah untuk bersantai di pulau ini. Namun karena pulau ini merupakan pulau favorit untuk hunting sunset sehingga pulau ini cukup ramai. Ditambah karena merupakan pulau favorit di pulau ini juga banyak warung yang berjualan. Karena kami sampai di pulau ini sekitar jam 16.30 sehingga kami pun menikmati berfoto ria dan menikmati pulau sambil menunggu sunset.

Warung di Pulau Gelam

Pulau Gelam

Kapal-kapal yang berlabuh di Pulau Gelam
Sunset di Pulau Gelam
Ketika sunset sudah selesai kami langsung menuju kembali ke kapal karena takut kemalaman di laut. Untuk kembali ke Pulau Karimu Jawa dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Kami pun menikmati mega yang terbentuk saat siang akan berubah menjadi malam, sambil beristirahat di kapal menikmati udara laut yang berhembus.

Jam 18.20 kami sampai ke homestay dan langsung bersih-bersih. Setelah semua bersih kami pun langsung siap-siap makan malam. Mengingat kami sudah kelaparan. Untuk makan malam pertama kami di Karimun Jawa kami memilih makan di alun-alun. Karena setiap malam di Karimun Jawa, alun-alunnya selalu ada pasar malam yang menjual banyak makanan dan oleh-oleh khas pulau ini. Karena banyak makanan yang di jual kami pun memilih menu yang berbeda-beda. Kebanyakan teman saya pada makan sate namun saya sendiri memilih makan mie ayam bakso ikan ekor kuning. Saya sendiri belum tahu apa yang khas di Karimun Jawa. Namun, ternyata bakso ikan ekor kuning ini merupakan makanan khas salah satunya di Karimun Jawa ini dan rasanya pun cukup enak, seperti bakso ikan biasanya yang di jual di daerah asal saya, Bandung. Dan untuk minumnya saya memilih minuman hijau khas pulau ini juga. Dan ternyata makanan yang saya pilih keduanya cukup enak ditambah lagi harganya cukup murah hanya menghabiskan sekitar Rp.15.000,-.

Makanan dan Minuman Khas Karimun Jawa
Setelah selesai makan saya keliling sebentar di alun-alun untuk melihat-lihat. Dan setelah itu saya kembali ke homestay untuk isirahat dan menyiapakan stamina untuk petualangan hari esok.
Di hari kedua ini saya bangun sekitar jam 4.30. Seperti yang saya bilang dari awal untuk trip ini memang kurang recomended karena pada hari kedua ini ga jelas aktivitasnya akan di mulai. Karena tidak ada kejelasan dan saya ingin melihat sunrise di Karimun Jawa saya memutuskan untuk jalan sendiri mencari sunrise. Namun, karena guidenya pun belum pernah ke pulau ini sehingga saat itu saya harus bertanya ke warga sekitar yang saya temui. Namun, dengan usaha seperti itu pun masih kurang ternyata dan akhirnya saya salah arah untuk mencari sunrise sehingga di hari ini saya tidak melihat sunrise di Karimun Jawa.

Pagi Hari di Karimun Jawa
Setelah itu, saya pulang dengan rasa sedikit kecewa karena tidak bisa melihat sunrise. Sekitar jam 07.00 saya sudah ada di homestay lagi dan teman-teman saya sudah siap untuk sarapan. Saya pun langsung sarapan bersama dengan teman-teman saya. Waktu sudah menunjukan jam 08.00 dan kami pun pergi menuju dermaga untuk snorkeling lagi.

Jam 08.30 kapal yang kita gunakan mulai membelah lautan  (*halah) menuju spot pertama, yaitu Pulau Gosong. Jarak tempuh ke pulau ini sekitar 1 jam lebih. Pulau Gosong ini merupakan pulau pasir timbul. Jadi pulaunya itu teredam air laut namun ga dalam, kita masih bisa berjalan di pulau tanpa harus berenang. Di pulau ini tidak ada karang hanya pasir saja dan sangat cocok untuk berfoto ria. Di sini kami hanya berfoto ria, menikmati pemandangan yang sangat jarang dilihat. Setelah puas foto-foto kami kembali ke kapal untuk menuju spot selanjutnya.

Selfie di Kapal

Pulau Gosong

Ceria di Pulau Gosong
Spot selanjutnya adalah snorkeling di Pulau Kecil. Spot ini ga terlalu jauh dari Pulau Gosong, hanya sekitar 20 menit. Sampai di spot ini karena sudah ga sabar kami semua langsung mencebur ke laut. Di spot ini juga terumbunya bagus dan indah, ikannya pun banyak dan bervariasi. Saya dan teman-teman saya berfoto ria di sana dan menikmati pemandangan bawah laut Pulau Kecil.

Snorkeling di Pulau Kecil

Terumbu Karang di Pulau Kecil
Waktu ternyata sudah hampir menujukkan jam 11.00, ga kerasa hampir 1 jam kami bersnorkeling. Karena sudah mulai lapar dan kelelahan kami memutuskan untuk melanjutkan ke acara selanjutnya yaitu makan siang. Makan siang kali ini kami lakukan di Pulau Tengah, yang jaraknya sangat dekat dengan spot snorkeling yang tadi. Hanya sekitar 5 menit kami sudah sampai di Pulau Tengah.

Sampai di Pulau Tengah kami langsung turun kapal. Merasakan pasir putihnya yang sangat halus. Karena menu makan siang kali ini adalah ikan bakar, jadi selama guide kami menyiapkan makan siang kami kami habiskan untuk berfoto di  sekitaran pulau yang ada penangkaran hiu putihnya ini. Di sini kami sangat puas dengan pemandangan yang terhampar di pulau ini. Sekitar jam 12.30 makan siang kami pun selesai dan kami langsung melahapnya karena kami sudah kelaparan. Selesai makan kami melanjutkan untuk istirahat di pulau ini sampai sekitar jam 14.00.

Pulau Tengah

Dermaga Kapal di Pulau Tengah
Tempat di Pulau Tengah
Setelah istirahat kami kembali bersnorkeling ria kembali di sekitaran pulau tengah. Untuk snorkeling kali ini lautnya cukup dalam, jadi buat yang tidak bisa berenang diwajibkan menggunakan pelampung. Ikan di tempat ini pun banyak dan sangat mudah dipancing keluar, hanya cukup melemparkan wafer.

Bermain Bersama Ikan
Clown Fish di Pulau Tengah
Karena sudah hampir sore kami pun melanjutkan kembali ke acara selanjutnya yaitu menuju penangkaran hiu. Untuk masuk penangkaran hiu kalian harus bayar sebesar Rp. 25.000,- per orang jadi kalian harus siap-siap bawa uang. Karena setahu saya di sini adalah salah satu tempat yang di mana kita bisa berenang dan berfoto ria bersama ikan hiu. Selain berfoto bersama hiu, di sini juga ada wahana air. Untuk menaiki wahana air tersebut kalian harus merogoh kocek sebesar Rp. 65.000,-.

Berenang Bareng Hiu

Wahana Air
Setelah puas bermain wahana dan berfoto bareng hiu kami melanjutkan untuk kembali ke homestay karena waktu sudah sore dan kami pun sudah mulai lelah main air dari pagi. Untuk sampai Pulau Karimun Jawa ternyata sangat dekat dari penangkaran hiu, hanya 5 menit untuk sampai pulau utama. Setelah sampai kami langsung melihat sunset yang terlihat di Pulau Karimun Jawa. Selesai sunset kami langsung pulang dengan berjalan kaki menuju homestay. Sesampainya di homestay kami langsung bersih-bersih dan langsung makan malam serta istirahat.

Esok harinya merupakan hari terkahir di karimun jawa. Saya pagi-pagi menuju dermaga menikmati pagi terakhir di Karimun Jawa. Karena jam 10.00 kami harus sudah check out dan menuju dermaga kapal yang mengantar kami kembali ke Jepara. Setelah jalan-jalan pagi saya kembali ke homestay dan langsung sarapan. Setelah sarapan mandi dan bersiap menuju dermaga. Jam 10.30 kami menaiki kapal dengan berat hati karena harus pulang serta melanjutkan aktivitas seperti biasanya. Tapi liburan di Pulau Karimun Jawa ini merupakan liburan yang sangat luar biasa. Saya berharap saya bisa kembali berliburan di pulau yang luar biasa ini.

1. wahhh liat foto2nya aku lgs pgn bljrf berenang deh ^o^... cakep2 bgtttt... pgn nyebur...

2. mantappp......
    indahnya indonesia.
    itu langitnya bagus banget.........
    kameranya juga pasti bagus ini :))

3. @i Jeverson:iya saya setuju banget, Indonesia emang bagus banget :)

4. @fanny fristhika nila:kan ada pelampung :)
    terus kalo ikut trip biasanya ada guide juga yang jagain :)